Jumat, 15 Juli 2016

Gyaru - Japan Trend Make Up


Hii! Hari ini aku mau ceritain ke kalian soal salah satu gaya berpenampilan gadis jepang yang aku sukaaaa banget , nah sebelumnya marilah kita simak dulu penjelasan tentang Gyaru yang ku kutip dari Wikipedia ini :

Gyaru adalah kata serapan dalam bahasa jepang untuk gal , kata slang dari girl dalam bahasa inggris. Istilah gyaru banyak di gunakan gadis muda jepang usia antara 10 – 20 tahun yang fashionable , mengenakan busana yang sedang trend saat ini , make up mencolok , dengan rok mini , juga rambut di cat berwarna coklat keemasan. busana yang mereka kenakan sebagian mereka contoh dari majalah fashion yang mereka baca.

Gyaru pertama kali di kenal tahun 1970 , saat itu gadis gadis muda jepang sedang di pengaruhi paham materialisme saat pertumbuhan ekonomi di jepang sedang pesat pesatnya. Mereka menyadari bahwa penampilan bisa di pakai untuk memperoleh segala hal yang mereka inginkan. Sedangkan dulu gadis jepang umumnya berpakaian seperti perempuan yang kekanakan dan kurang bergaul dengan anak anak sebaya mereka.

Gyaru pada tahun 1980 , dikenali dengan kulit yang menghitam hasil tanning di salon.  Awalnya trend budaya kulit hitam ini berasal dari Los Angeles yang identik dengan budaya pantai juga selancarnya.

Tahun 2000 an , Gyaru dibagi menjadi 2 garis besar yaitu “Shiro ( putih ) dan Kuro ( hitam ) Gyaru “ Shiro Gyaru masih tetap mempertahankan kulit putih mereka , yang terpengaruh oleh demam “ kulit putih indah “ yang di populerkan oleh brand cosmetic Sonoko.  Sedangkan Kuro Gyaru , adalah tahap lanjut dari Kogyaru ( gyaru sekolah menengah atas ) dengan ciri ciri pakaian rok mini , kaus kaki panjang , dan longgar atau loose socks , juga tata rias ganguro. Ganguro sendiri berarti sangat hitam, tapi bisa juga diartikan wajah hitam ( gan , wajah ; guro, hitam ).Kini populasi guro gyaru dari tahun ketahun semakin menipis.


Salah satu contoh Kogyaru style

Gyaru clothing and accesories brands

- Liz lisa - Cecil Mcbee - 13 Japan - Emoda - JSG - La Pafait - Jesus Diamante -  Baby Shoop - Alba Rosa - Black queen dan masih banyak lagi.

magazine :

- EGG - MensEGG- Happie Nuts -  Koakuma Ageha -  Popsister - Popteen - Ranzuki - Cawaii! - Love Mama - Soul sister -  Jelly - Blenda

Nah sekarang kamu sudah tau kan apa yang ku maksud dengan Gyaru fashion ? juga brand brand yang menjual fashion bergaya Gyaru? ya kurang lebih seperti itulah
Sekarang jika di tanya alasannya kenapa aku bisa suka banget dengan Gyaru , yang paling utamanya sih karena cute banget dan jujur aku paling nggak tahan kalo liat sesuatu yang lucu lucu , bisa langsung teriak “ iiih , lucunyaa.. mau”.

Mungkin nih ya , kalo aku lahir dan besar di jepang , aku pasti akan jadi Gyaru , dan diantara dua garis besar fashion gyaru yang pasti ku pilih adalah Shiro gyaru , dengan sub style hime kaji gyaru , yang banyak di jual di Liz lisa. Yaa , sangking sukanya dengan gyaru fashion terkadang aku juga mengekspresikan fashion ini sebagai gaya busanaku saat berpergian bersama keluarga , atau saat jalan jalan ke mal bersama teman ,tentunya dengan sedikit penyesuaian , walaupun kadang suka malu , dan tak percaya diri karena tubuhku yang sedikit gemuk , juga memakai kaca mata habis aku terlalu takut untuk mencoba softlens.


Liz lisa salah satu brand Hime kaji gyaru favoritku

Meski ada orang yang menganggapku aneh dan mungkin mengengekku , aku akan tetap menjadikan gyaru sebagai style fashionku ,  karena jujur aku hanya ingin mengenakan pakaian yang ku sukai dan sesuai dengan usiaku , pakaian yang juga mencerminkan orang seperti apa diriku sebenarnya.

“ Pakaian adalah sihir yang membuat orang berkilau. Bila mengenakan pakaian yang kita suka , hati jadi senang dan anehnya kita jadi percaya diri “

~ sakisaka mea comic , love collection


Tidak ada komentar:

Posting Komentar